32.3 C
jakarta
Tuesday, 13 April 2021
Home PROFIL

PROFIL

Kami merupakan satuan kerja eselon IIa Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), yang bertugas melaksanakan litbangkes bidang sumber daya dan pelayanan kesehatan. Peran dan tanggung jawab kami sebagai lembaga riset negara adalah sebagai Lokomotif, Pengawal, dan Legitimator untuk Pembangunan Kesehatan.

Berdasarkan Permenkes RI Nomor 64 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan Pasal 704 menyatakan bahwa tugas Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan adalah melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, pelaksanaan dan pemantauan, evaluasi dan pelaporan penelitian dan pengembangan kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Fungsi Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan tertuang dalam pasal 705 yaitu:

  1. penyusunan kebijakan teknis penelitian dan pengembangan kesehatan di bidang sumber daya dan pelayanan kesehatan;
  2. pelaksanaan penelitian dan pengembangan kesehatan di bidang sumber daya dan pelayanan kesehatan;
  3. pemantauan, evaluasi, dan pelaporan penelitian dan pengembangan kesehatan di bidang sumber daya dan pelayanan kesehatan; dan
  4. pelaksaan administrasi Pusat.

Kami membudayakan kerja sama tim dan bekerja bersama antar pengelola utama, yang terdiri dari Statistisi, Peneliti, Analis Kebijakan dengan dukungan Tim Administrasi Perkantoran / Kesekretariatan, di bawah pembinaan dan pengawasan dari Tim Pimpinan / Manajemen.

Mitra internal kami adalah seluruh unit eselon I Kemenkes dan mitra eksternal adalah pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan puskesmas. Kami berkolaborasi dalam rangka memandu, mengawal dan mengevaluasi program pembangunan kesehatan nasional.

Sistem kesehatan yang unggul dan terbaik adalah yang memulakan gerak, langkah dan upaya pembangunan kesehatan di tengah-tengah masyarakat, bersama Ksatria Bhakti Husada di garis depan. Mitra pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) adalah unit negara yang bertanggung jawab untuk membangun kesehatan masyarakat, kesehatan warga negara kesatuan Indonesia, yang berkehidupan di wilayah kerja puskesmas. Kami mengisi peran dan tanggung jawab untuk ikut menyukseskan peran dan tanggung jawab puskesmas, di tengah masyarakat Indonesia.

Salam SEHAT dan Bahagia

Salam Program Indonesia SEHAT

Salam Keluarga SEHAT

 

 

 

 

h
X