Peringatan Hari Obesitas

0
8
Peringatan Hari Obesitas Sedunia sudah mulai diselenggarakan oleh World Obesity Federation sejak 2015 lalu. Kala itu, masyarakat memperingati hari tersebut di setiap tanggal 11 Oktober. Kemudian, Hari Obesitas Sedunia diperingati pada 4 Maret mulai tahun 2020 lalu. Penetapan ini atas dasar keberhasilan kampanye obesitas baik dalam bentuk kampanye harian atau kampanye mingguan di seluruh dunia dan untuk menyeragamkan serta menyatukan kekuatan untuk mengurangi krisis obesitas. 
Masalah obesitas terjadi tidak hanya di negara maju tetapi juga meningkat drastis di negara berkembang. Peningkatan angka obesitas seringkali dikaitkan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan sumber energi melebihi kebutuhan. Di berbagai daerah di dunia, makanan mudah tersedia, cepat saji, menarik dan lebih murah sehingga memudahkan untuk dikonsumsi setiap saat.
Siapa saja yang termasuk obesitas? Mengutip WHO kegemukan dan obesitas didefinisikan sebagai akumulasi lemak abnormal atau berlebihan yang menghadirkan resiko bagi kesehatan.
Yuk simak artikel berjudul “Memperingati Hari Obesitas Sedunia, Cegah Obesitas Sedari Dini” oleh Yuliana, Prahum Puslitbang SDPK dan dipublish 3 Maret 2021.